Rabu, 15 Januari 2014

Nulis.


Hari ini gue mau mulai nulis lagi, mau nulis apa.? Itu nanti urusan balakangan, sekarang lakuin aja yang kita bisa karena saat ini gue cuma bisa nulis aje nih. Maklumin aja masih nganggur, iyaa gue bosen gini gini aja, bukan bosen sama keadaan tapi bosen karena diem diem aja. Gue ngaku nih sebenernya gue engga bisa dan engga ngerti banget juga sama dunia nulis apa lagi sastra, ini aja malah curhat yang ada. yaaa, engga kenapa kenapa kan.?

Nulis itu sebenernya asik dan murah tapi bukan murahan, itu lain lagi pembahasannya nanti. Murah karena nulis cuma modal kertas sama pulpen aja udah bisa nulis, mentok mentok komputer, mau mahal lagi terus bisa dibaca sama orang lain yaa ke warnet terus posting deh. Tapi masih da satu lagi, ituu ada yang namanya mesin ketik kalopun salah tinggal tipe-x. Nah, dari jamannya SD sampe Kuliah lo pasti harus nulis kan, nulis itu sebernya bakat kita yang terpendam sejak dulu, dulu kala jaman batu jaman dimana lo nulis itu harus nyerut batu dulu "lo percaya.?" Lo bayangin nyerut batu pake apaan, lama nyerutnya dari pada nulisnya, udah kelar nyerut terus engga tau mau nulis apaan. Jaman batu mau nulis apaan, bahasanya juga masih pake bahasa "huhahuhaaa ubu ubuuu." ngerti engga kebelet berak iyaa. Mungkin itu untuk jaman batu, tapi sekarang jaman udah modern dan canggih ada internet, gadget yang mutahir bisa browsing sana sini, bisa nulis sana sini juga karena ada yang namanya sosial media. Emang sih manusia itu makhluk yang sosial dan harus bersosialisasi, tapi engga di media sosial juga kali. Dunia itu terlalu maya untuk kita yang makhluk nyata, sadisss.....

Tapi terlepas dari dunia itu, gue pernah yang namanya nulis di depan banyak orang, lebih tepatnya di depan temen temen sekelas gue sendiri. Iyesss, bener banget tuh gue nulis di papan tulis depan kelas disuruh Guru gue nulis satu kalimat bahkan beberapa paragraf. Gue bukan masalahin malunya nulis di depan kelas, gue cuma kasian sama temen temen gue gimana cara ngebaca tulisan gue nantinya, udah tulisan kaya ceker ayam yang kadang campur maen sama bebek, terus tulisannya kadang naik turun kaya gunung, udah gitu nulis sambil nahan kencing pula. Karena Guru gue bilang.

"Iyaa, coba Sidiq maju, tulis paragraf pertama di depan. Kamu tulis sampai selesain baru boleh duduk lagi yaa." kata Guru gue nih.

         Nah itu gimana gue engga nahan kebelet kencing, kata Guru gue kalo belom selesai belom boleh duduk, duduk aja belom boleh apa lagi kencing. Ini itu sama dengan seperti pepatah yang terbalik "Murid kencing berdiri, Guru kencing berlalari." SD aja gue udah kaya gitu nasibnya, gimana nasib gue selanjutnya dan ternyata sama aja, tidak merubah keadaan.

Masih di jaman gue SD, jaman di mana nulis nulis kata "si itu terus gambar love sama si anu", jaman sok lope lopean dah kalo kata bahasa kerenya, "keren darimananya.?" Gue pernah suka sama temen SD gue, terus gue iseng nulis di kertas yang gue gunting jadi bentuk kotak kecil engga, gede juga engga yaa pokoknya kotak lah. Di situ gue tulis SIDIQ terus dibawahnya "gambar love" terus di bawahnya lagi nama tuh cewe, sebut saja Mawar. Udah gue nulis kaya gitu, gue bingung sendiri ini kertas kenapa gue tulis kaya begini, mau gue buang sayang, gue simpen tapi di mana. Akhirnya gue simpen aja dong di dalem lemari belajar gue, aman sih gue pikir. Engga taunya beberapa lama kemudian ada yang nemuin itu tulisan dan bilang ke gue, Sidiq suka yaa sama si sebut saja Mawar, ciee cie. Gue rasa itu kertas di ambil sama tuyul yang lagi mabok, terus matanya katarak, jadi kertas dia sangka duit.

Engga cuma pas Jaman SD aja gue nulis nulis kaya gitu, tapi kalo di SMP bukan gue yang nulis, ada temennya temen gue cewe yang nulis ngasih gue surat dan yaa udah gitu aja, dikasihnya juga pas udah lulus SMP. Kalo pas SMA gue pernah nulis puisi dan puisi itu puisi pertama gue yang sampe sekarang engga sampe ke tangan target utamannya, yaa namanya juga komedi kalo sampe gue berhasil ngasih itu puisi nanti jadinya engga lucu. Tapi gue belom berhenti sampe di SMA buat nulis yang engga jelas kaya begitu, pas gue kuliah juga pernah nulis di kertas kaya gitu tapi beda judul. 

Di Kampus dan gue lagi di parkiran sama temen gue dua orang, di waktu yang samaan gue ngeliat cewe rambutnya bondol, terus gayanya casual baru markirin motornya tapi bukan kang parkir yaa. Gue tiba tiba bilang "cakep tuh" ke temen temen gue, tapi tepaee gue ga berani kenalan yaa naluri bertahan gue lebih besar dari pada naluri menyerang gue. Mulai lah ide yang ga masuk akal dengan ketidak beranian gue buat kenalan langsung sama cewe yang gue engga kenal, jadi gue iseng aja sobek kertas terus gue tulis "hai, salam kenal" "follow gue yaa, @sidiqid" terus sama gue kasih gambar muka sok lucu gitu rambutnya bondol sambil senyum, dan gue taroh di helm motor dia. Besokan harinya, bener aja kan. Engga ada hasil yang menggugah hati, cara konyol dengan hasil yang konyol. Lo pikir sendiri aja kalo itu sampe bisa berhasil, film sama FTV pasti kalah sama cerita gue kaya begitu. Lah konyol dipelihara.

Jadi, nulis itu murah dan bisa di mana aja, sambil berak juga bisa. Tapi jangan tiru gue yee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar